Latest Updates

Apakah Itu HYIP?

Dalam sebuah bisnis terutama dunia maya banyak sekali bertebaran bisnis online dengan sistem HYIP. Sebenarnya apakah itu HYIP? HYIP adalah singkatan dari High Yield Investment Program yang mempunyai pengertian bahwa program HYIP menghasilkan profit yang lebih tinggi daripada kalau kita menaruh dana pada produk bank misal deposito.  Tentu saja dengan profit yang tinggi resiko dari bisnis itu sendiri juga tinggi.

Hasil investasi HYIP sangat menggiurkan terutama bagi masyarakat Indonesia. Dengan hasil yang lebih besar daripada bunga bank banyak masyarakat bergabung pada program tersebut. Biasanya program HYIP menjanjikan keuntungan 1 - 5 % perhari, 10 - 30 % sebulan atau 200% per tahun. Dan menurut penelitian, program HYIP hampir seluruhnya ujung-ujungnya berstatus SCAM alias tidak membayar atau macet. Mengapa demikian, karena sebenarnya keuntungan yang dijanjikan kepada membernya tidak masuk akal. 

Logikanya pada dunia nyata, bank mendapat dana dari nasabah misal dari tabungan maupun  deposito melakukan perputaran uang dengan meminjamkan berupa kredit kepada mereka yang membutuhkan dengan bunga sekian persen. Hasil bunga yang dipinjamkan oleh bank akan dibagikan kembali sekian persen kepada nasabah yang menabung, sedangkan selisih antara bunga kredit dengan bunga tabungan itulah yang menjadi margin keuntungan Bank. 

Sedangkan pada bisnis online sistem HYIP biasanya uang hasil investasi member diputar ke pasar saham, obligasi maupun forex yang memiliki resiko besar atau diinvestasikan pada sektor riil misal pertambangan, konstruksi (biasanya hanya sebagian dana yang digunakan), itupun hanya untuk HYIP yang benar-benar mempunyai usaha atau kegiatan. 

Ada juga HYIP yang hanya melakukan money game, dalam arti dana investasi dari member yang masuk digunakan untuk membayar kembali member yang lainnya sesuai bunga yang dijanjikan tadi secara bertahap, istilahnya gali lubang tutup lubang. Biasanya dengan hasil yang telah diperoleh oleh member mereka dokumentasikan sebagai sarana promosi untuk memperoleh member baru, hasil rekrutan dari member tersebut biasa dikenal dengan referral dan dana yang diinvestasikan oleh referral tersebut sekian persen masuk ke member yang merektrutnya. Dengan bukti dokumentasi tersebut membuat orang yang belum menjadi member akan semakin yakin kalau sistem bisnis online berjalan sesuai bunga yang dijanjikan, dan semakin banyak yang menjadi membernya.

Memang dalam program HYIP ada sebagian member yang diuntungkan atau sudah mendapat untung. Mereka yang sudah mendapat untung duluan biasanya member yang mendaftar saat awal program HYIP di buka. Sedangkan di lain pihak, banyak juga yang dirugikan karena bergabung di akhir-akhir mendekati SCAM atau macet tidak membayar. Scam pada program HYIP banyak sekali penyebabnya, bisa karena uang hasil investasi dibawa kabur oleh admin, bisa juga sistem gali lubang tutup lubang sudah tidak seimbang seperti kasus MMM di Indonesia

Jadi dapat diambil kesimpulan, HYIP memang menghasilkan keuntungan yang besar dengan resiko yang besar pula. Jadilah smart investor, analisa terlebih dahulu program HYIP yang ada saat ini dan masuk menjadi member disaat yang tepat. Namun harus diingat, jangan serakah dengan mengharapkan keuntungan yang banyak, usahakan modal awal investasi kembali terlebih dahulu baru hasil keuntungan yang dipakai untuk investasi ulang.

Ditulis oleh usmanharun


Comments
0 Comments

0 Response to " Apakah Itu HYIP? "

Posting Komentar

Berkomentarlah sewajarnya bro, jangan menghujat, pakai kata yang sopan yah!