Latest Updates

Siapakah Robertus Julyanto

Akhir-akhir ini nama Robertus Julyanto sangat ramai dibicarakan dalam beberapa forum MMM. Para member MMM banyak yang menghujat Robertus Julyanto atau akrab disebut RJ oleh mereka. Ini merupakan reaksi member MMM yang mulai tidak percaya diri dengan sistem yang telah berjalan kurang lebih 1.5 tahun pada MMM. Mereka menghujat Robertus Julyanto karena ditengah goncangnya sistem MMM di Indonesia, RJ telah membuat bisnis serupa MMM yang pada waktu tulisan ini dibuat dalam masa launching bernama locwis dot com. Alih-alih memberikan informasi tentang MMM kepada para partisipannya, RJ bersama temannya Budi Hartono dan Hadi Santoso mendirikan locwis dot com dan para member partisipan MMM kini memberikan predikat pengkhianat pada Robertus Julyanto. Menarik untuk diulas Siapakah Robertus Julyanto ini.

Sejarah MMM Masuk Indonesia

Awalnya Robertus Julyanto mulai dikenal karena bisnis MMM yang telah marak di Rusia maupun di India ia bawa ke Indonesia sangat menarik minat sebagian masyarakat. Sistem MMM yang memberikan bunga atau istilahnya mavro sampai 30 persen untuk satu bulan membuat bisnis ini booming di Indonesia. Bandingkan dengan bank yang ada di negeri ini yang hanya memberikan bunga deposito perbulannya 5-8 persen, sangat jauh bukan. Dalam sistem MMM dikenal istilah PH (Provide Help) memberi bantuan dan GH (Get Help) meminta bantuan. Ketika partisipan PH memberi bantuan sebesar misal 1 juta rupiah maka satu bulan ke depan parsitipan tersebut berhak GH meminta bantuan sebesar 1,3 juta rupiah. Dengan sistem tersebut, banyak masyarakat berbondong-bondong menginvestasikan uangnya pada MMM karena tergiur bunga 30 persen per bulan. Banyak masyarakat baik dari kalangan bawah, menengah maupun atas bahkan aparat anggota TNI Polri bergabung dalam bisnis MMM ini.

Kini setelah hampir 1,5 tahun MMM di Indonesia berjalan lancar jaya, kabarnya mulai tanggal 24 Agustus 2014 MMM di Indonesia resmi kolaps. Mengapa kolaps, menurut pendapat penulis karena terjadi ketidakseimbangan antara GH dan PH, ketika GH lebih besar dari PH otomatis sistem MMM macet, ditambah dengan trust atau kepercayaan diri partisipan untuk melakukan PH turun. Bayangkan bank pada masa krisis 1998 terjadi arus penarikan dana/tabungan besar-besaran dari nasabah atau rush maka bank akan kelabakan membayar tabungan nasabah. Ini yang terjadi pada MMM sekarang ini, malah lebih parah menurut penulis. Pengamat menilai bisnis MMM di Indonesia akan bertahan paling lama 2 tahun atau lebih cepat dari pada itu. Ketika tidak ada member baru, ketika tingkat kepercayaan partisipan turun yang mengakibatkan stop PH dan GH massal maka sistem akan macet total dan bisnis inipun akan kolaps.

Penelusuran Profil Robertus Julyanto

Kembali ke topik awal, menurut investigasi penulis Robert Julyanto sulit untuk digali profilnya. Beberapa akun milik Robert Julyanto berhasil penulis kumpulkan, mari kita teliti satu persatu.

Akun Facebook
Pribadi - https://www.facebook.com/robertus.julyanto akun pribadi milik Robert Julyanto sangat minim informasi mengenai dirinya, yang ada hanyalah berlokasi di Jakarta. Sedangkan timeline nya hanya berisi testimoni mengenai bisnis MMM dan update status terakhir tertanggal 17 Agustus 2014.
Halaman - https://www.facebook.com/rj6768 halaman yang dibuat oleh RJ ini juga berisi kisah sukses para partisipan namun untuk posting terakhir hari ini 26 Agustus 2014 yang intinya kegalauan dengan bisnis MMM serta menerangkan bahwa macetnya MMM karena ulah oknum-oknum tertentu.

Akun Google +
https://plus.google.com/114127123369971389071/about akun ini pun sama hanya memposting kisah sukses para partisipan.

Akun Linkedin
https://www.linkedin.com/pub/robertus-julyanto/29/945/421 untuk akun ini terdapat informasi pribadi berupa tanggal lahir yakni 6 Juli. Kalau kita hubungkan dengan akun halaman facebook dengan nick rj6768 maka bisa ditarik kesimpulan tahun lahirnya adalah 1968, 6 Juli 1968 - 6768

Akun Yahoo
https://profile.yahoo.com/7M76DNDBBT44V5XGMIGTOLGWL4/ dengan nick Robert Dim / rj6768 pun tidak dapat diketahui aktivitasnya.

Akun twitter
rj6768 setelah ditelusuri sudah dihapus.

Demikianlah penelusuran penulis mengenai Robert Julyanto yang ternyata masih misteri dan tidak jelas. Dapat diambil kesimpulan dengan bisnis MMM di Indonesia yang mempunyai kemungkinan macet lebih besar dalam arti tidak LLMMM Long Live MMM, RJ pun sadar dengan menyamarkan identitasnya dari dunia maya. Kini, Robert Julyanto mendirikan locwis dot com yang kalo di trace domain tersebut menggunakan whois akan didapat hal yang juga tidak jelas, bisa dilihat pendaftar domain, admin domain, alamat domain serba tidak jelas. Silahkan diambil kesimpulan sendiri dan jadilah smart investor.

https://who.is/whois/locwis.com



Ditulis oleh usmanharun


Baca juga : Apakah itu HYIP?


Comments
0 Comments

0 Response to " Siapakah Robertus Julyanto "

Posting Komentar

Berkomentarlah sewajarnya bro, jangan menghujat, pakai kata yang sopan yah!